Home » Artikel » Mengenal Lebih Jauh Seputar Operasi Varises Dari SehatQ.com

Mengenal Lebih Jauh Seputar Operasi Varises Dari SehatQ.com

Monday, May 24th 2021. | Artikel
Varises pada ibu hamil merupakan hal yang sering terjadi

Operasi Varises merupakan sebuah tindakan medis berupa pembedahan yang dilakukan untuk mengobati varises. Seperti yang kita tahu, varises sendiri merupakan kondisi dimana terjadi pembengkakan dan terpuntirnya pembuluh darah vena. Varises yang muncul bisa dilihat melalui adanya tampak kemerahan, keunguan, atau kebiru-biruan pada bagian bawah kulit. Pada umumnya, kondisi yang menyebabkan perlunya diadakan operasi varises ini terjadi pada bagian kaki. Akan tetapi, bisa juga varises terjadi pada bagian tubuh yang lain. 

Varises muncul karena adanya katup pada pembuluh darah vena yang tidak dapat bekerja dengan baik. Seperti yang kita tahu, pada keadaan biasa, katup tersebut akan bekerja untuk mencegah darah kembali naik menuju ke jantung. Ketika muncul masalah pada katup vena, maka darah akan menumpuk pada bagian pembuluh darah vena kaki yang kemudian mengakibatkan munculnya varises serta rasa nyeri. 

Untuk mengobati varises, maka kita harus mulai dari adanya perubahan pada kebiasaan gaya hidup/ Selain itu, pasien juga perlu menggunakan stoking kompresi khusus. Ketika varises tidak kunjung membaik, maka pasien bisa memilih untuk mendapatkan operasi varises agar bisa menutup dan mengangkat vena yang mengalami varises.

Tindakan operasi varises diperlukan dan dianggap sangat penting karena tindakan medis ini dapat mengurangi tekanan pada vena. Oleh karena itu, varises yang sudah muncul tidak akan membesar. Sementara itu, operasi varises ini juga bekerja efektif untuk menghindari adanya varises yang baru. Namun, perlu diingat bahwa tindakan operasi dilakukan hanya ketika tidak ada tindakan lain yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala yang dialami pasien.

Lantas, apa saja kriteria pasien yang membutuhkan operasi varises?

Pada umumnya, tindakan operasi varises menjadi solusi bagi pasien-pasien yang:

a. Memiliki varises yang menyebabkan borok alias ulkus pada bagian kulit

b. Memiliki varises yang menimbulkan pendarahan pada bagian kulit

c. Memiliki riwayat penyakit yang dialami oleh pasien

d. Memiliki peradangan pada vena maupun kulit di sekitarnya. Hal ini dikenal dengan istilah flebitis

e. Memiliki varises yang menyebabkan rasa nyeri yang hebat maupun penggumpalan darah

f. Memiliki varises yang mengganggu penampilan sehingga operasi varises dilakukan berdasarkan adanya indikasi kosmetik

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan untuk menjalani operasi varises?

Sebelum adanya tindakan operasi varises, pasien harus melalui beberapa pemeriksaan. Pertama-tama, terdapat pemeriksaan pencitraan seperti USG maupun USG Doppler. Selain itu, terdapat juga pemeriksaan pre operatif yang terdiri atas elektrokardiografi alias EKG serta tes darah. Melalui adanya pemeriksaan-pemeriksaan ini, diharapkan dokter bisa mencari tahu, apakah pasien tersebut merupakan pasien yang dapat menerima tindakan medis atau tidak.

Sementara itu, untuk melakukan operasi varises, terdapat dua pembedahan yang bisa digunakan, yakni operasi untuk menutup vena maupun operasi untuk mengangkat vena. Jenis prosedur yang akan dipilih oleh dokter tentu bergantung pada beberapa hal, seperti:

a. Usia maupun kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan

b. Mencari tahu seberapa luas varises tersebut terjadi

c. Mencari tahu gejala-gejala yang dialami pasien

d. Mencari tahu kemungkinan gejala membaik menggunakan metode yang dipilih

e. Memastikan pertimbangan pasien, terutama yang berhubungan dengan estetika

Apabila pasien akan menerima operasi penutupan vena, maka tindakan ini bertujuan untuk membuat darah bisa dialirkan menggunakan vena lain yang tidak mengalami varises. Makanya, setelah vena ditutup, varises akan memudar. Selain tindakan ini, terdapat juga tindakan lain seperti skleroterapi dan mikroskleroterapi.

Cat : Artikel,

Comment For Mengenal Lebih Jauh Seputar Operasi Varises Dari SehatQ.com

Related Post