Home » Rumah Sederhana » 5 Tips Pemakaian Laptop Agar Tahan Lama

5 Tips Pemakaian Laptop Agar Tahan Lama

Saturday, May 13th 2023. | Rumah Sederhana
Belanja Online Makin Mudah dengan Bukalapak Paylater

Sama dengan smartphone, laptop juga menjadi gadget yang kebutuhannya sangat tinggi sekarang, terutama untuk menunjang pekerjaan atau bisnis. Sayangnya, pemakaian laptop juga sering tidak diperhatikan karena saking sibuknya bekerja. Padahal, supaya laptop bisa tahan lama dan kencang performanya, kebiasaan kita sehari-hari saat menggunakan laptop juga perlu dikontrol. 

Dibandingkan smartphone, laptop adalah gadget yang serinya tidak cepat berganti atau muncul setiap tahun. Laptop didesain untuk pemakaian yang lebih lama dibandingkan smartphone. Makin tinggi teknologi laptop dan mahal harganya, biasanya usianya juga akan semakin lama. Tapi, itu semua nggak berarti kalau kita sembrono dalam menggunakan laptop. Alih-alih tahan lama, laptop jadi butuh sering diservis atau melambat performanya. 

Berikut ini ada 5 tips sederhana yang bisa kamu lakukan saat menggunakan laptop, supaya tetap aman dan laptop bisa bertahan lama: 

Hindari makan cemilan atau minum berdekatan dengan laptop
Saat sedang fokus bekerja atau menonton tayangan favorit via laptop, kita biasanya akan membawa berbagai cemilan atau minuman dan meletakkannya tidak jauh dari posisi laptop. Meski sudah menjadi kebiasaan, tahukah kamu kalau hal ini berpotensi membahayakan laptop?

Sebab, saat sedang fokus ke layar, bisa saja minuman yang ada di dekat laptop kamu tersenggol dan tumpah mengenai layar atau keyboard. Begitu juga dengan aneka cemilan yang remahan-remahannya bisa masuk ke sela-sela keyboard tanpa disadari, menumpuk di sana, dan berpengaruh pada performa keyboard. Misalnya, jadi susah ditekan, atau bahkan salah satu keyboard jadi rusak. 

Kalau masih punya kebiasaan ini, yuk segera dikurangi. Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan tatakan cemilan atau gelas dan letakkan di posisi yang jauh dari laptop supaya tetap aman saat kamu sedang mengkonsumsinya. 

Beli dan gunakan antivirus terpercaya
Selain dari segi komponen hardware, keamanan software pada laptop juga perlu diperhatikan. Salah satu caranya dengan tidak mengunduh aplikasi yang mencurigakan dan memasang antivirus terpercaya. Biasanya, untuk urusan antivirus, kita cenderung menyepelekan dengan menggunakan yang gratis. Padahal, perlindungan yang diberikan antivirus gratis tentu tidak semaksimal yang berbayar. 

Kalau laptopmu spesifikasinya cukup tinggi, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan uang untuk membeli antivirus yang berbayar dan terpercaya. Dengan begitu, laptop jadi bisa lebih terlindungi. 

Kurangi menggunakan mode sleep pada laptop
Mode sleep laptop seringkali dilakukan jika kita sedang banyak pekerjaan. Sebab, mode sleep memang sangat membantu untuk kita melanjutkan pekerjaan setelah break sebentar, tanpa perlu membuka semua aplikasi dari awal. 

Tapi, tahu nggak sih kalau dalam mode sleep,  mesin laptop kamu tetap bekerja walau memakan daya baterai hanya sedikit? Nah, jika kebiasaan ini dilakukan setiap hari, maka otomatis, laptop bekerja aktif setiap hari tanpa ada “libur”. Tentunya, ini juga akan mempengaruhi kinerja laptop dan juga kapasitas baterainya. 

Belum lagi kalau saat mode sleep, laptop dibawa berpindah-pindah dengan menggunakan tas yang tertutup. Alhasil, sirkulasi udara laptop akan berputar di dalam tas dan membuat kondisi laptop menjadi panas. 

Dibanding mode sleep, ada baiknya untuk kamu rutin melakukan shut down pada laptop untuk mengistirahatkannya sebelum digunakan lagi. 

Jangan letakkan barang berat di atas laptop seperti buku
Laptop yang diletakkan di meja kerja, biasanya juga bercampur dengan benda-benda lainnya seperti mouse, keyboard tambahan, dan aneka buku. Kadang-kadang, sebagai pengguna, kita juga mungkin tidak sadar saat meletakkan sesuatu di atas laptop. 

Untuk menghindari kerusakan pada layar atau keyboard, laptop perlu terbebas dari benda-benda yang diletakkan di atasnya seperti buku. 

Gunakan cooling pad atau hindari memakai laptop di suhu yang panas

Untuk kamu yang suka mobile, ada kalanya mungkin kamu tidak sadar sedang menggunakan laptop di mana. Misalnya, saat kerja di cafe outdoor, alhasil laptop akan terkena paparan sinar matahari secara langsung yang suhunya panas. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan laptop di suhu yang panas berlebihan supaya performanya tetap terjaga. 

Kalau perlu, gunakan alat cooling tambahan di bawah laptop untuk menjaga kondisi suhu agar sirkulasi udara laptop tetap baik dan tidak cepat panas. Kisaran harga cooling pad cukup beragam, ada yang murah, ada juga yang mahal. Yang pasti, bisa ditemui dengan mudah di berbagai e-commerce seperti Bukalapak. 

Beberapa tipe laptop, bahkan juga sudah ada yang dibekali dengan sistem pendingin otomatis. Salah satu contohnya adalah laptop ROG (Republic of Gamers) besutan ASUS yang memang didesain khusus untuk tahan lama dan tetap stabil saat digunakan dalam waktu yang lama untuk bermain game. 

Dengan sistem tersebut, harga laptop ASUS ROG tentunya juga lebih mahal dibanding yang lain. Tapi, tentu sepadan dengan spesifikasinya. 

Kalau kamu tertarik untuk kredit laptop yang punya sistem pendingin seperti ASUS ROG, Bukalapak adalah salah satu e-commerce yang pas untuk mencari variasinya. Selain punya banyak tipe laptop, Bukalapak juga menyediakan opsi pembayaran dengan cicilan paylater. Salah satunya dengan Kredivo

Di Bukalapak, kamu dapat menggunakan Kredivo untuk ambil cicilan laptop. Ada cicilan 0% dengan tenor 3 bulan, ada juga cicilan s.d 12 bulan dengan bunga hanya 2.6% per bulan. 

Sebelum ambil cicilan laptop di Bukalapak pakai paylater, pastikan kamu sudah memiliki akses paylater yang aktif, misalnya akun Kredivo, ya. Kalau belum punya, maka Bukalapak paylater tidak bisa digunakan

Cat : Rumah Sederhana,

Comment For 5 Tips Pemakaian Laptop Agar Tahan Lama

Related Post